• July 29, 2021

Mengenal Motif Batik Bengkulu Beserta Maknanya

Sumber gambar : luxina.id

Bengkulu adalah daerah yang terkenal dengan kopi dan bunga rafflesia. Bunga rafflesia sendiri menjadi tanaman endemik Bengkulu. Nah selain kopi dan bunga rafflesia-nya, Bengkulu juga memiliki kain batik dengan ciri khas tersendiri. Jika kamu pernah mendengarnya, kain batik Bengkulu ini disebut dengan Besurek.

Namun ternyata tidak hanya batik Besurek saja, ada beberapa jenis kain batik yang ada di Bengkulu dan kamu Bengkulu People wajib banget tahu. Tidak hanya indah, kain batik Bengkulu juga memiliki maknanya tersendiri. Lalu, apa saja sih motif batik Bengkulu?

Batik Besurek

batik besurek go internasional
Sumber gambar : luxina.id

Besurek merupakan kata dari daerah Bengkulu yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya bersurat. Lalu mengapa kain batik ini dinamakan besurek (bersurat)? Kain batik ini umumnya dibuat dengan motif kaligrafi arab serta terdapat potongan ayat-ayat suci AL-Qur’an.

Dalam sejarahnya, seni batik Besurek di Bengkulu diperkenalkan pertama kali oleh saudagar dan seniman batik dari demak. Ketika masa kejayaan sultan demak, banyak pembatik yang membuat batik bermotifkan kaligrafi arab. Motif kain besurek telah dikenal sejak ratusan tahun lalu dengan bercorak huruf arab gundul.

Ada pula kain batik besurek dengan tulisan arab yang bisa dibaca. Namun batik jenis ini tidak boleh dipakai sembarangan. Dalam perkembangannya, batik besurek dipadukan dengan ornamen lain seperti bunga cengkeh dan bunga rafflesia arnoldi.

Batik Kaganga

batik kaganga bengkulu
Sumber gambar : rejang-lebong.blogspot.com

Batik kaganga berasal dari tanah rejang. Bisa dikatakan jika batik ini adalah batik khas tanah rejang dengan corak khasnya. Batik ini dibuat pertama kali tahun 1985-1990 ketika pemerintah Bengkulu sedang giat-giatnya menggalakkan kerajinan kain batik besurek.

Jika batik besurek terinspirasi dari tulisan kaligrafi, maka batik kanganga terinspirasi dari motif bentuk huruf kaganga yang dikenal sebagai aksara rejang. Batik kanganga selain dihiasi aksara suku rejang, tapi juga dipadukan dengan motif bunga rafflesia.

Harga batik ini cukup mahal karena dibuat dengan cara tradisional. Akan tetapi motif ini cukup populer di Bengkulu karena setiap pegawai negeri dan pelajar diwajibkan menggunakan batik ini sebagai seragam pada hari tertentu.

Batik Beremis

Batik ini bermotif kulit remis dan burung walet yang kemudian dipadukan dengan susunan motif batik besurek. Batik beremis yang cantik ini berasal dari kabupaten seluma. Batik ini juga menjadi ciri khas batik Bengkulu. yang menjadi keunikan batik ini adalah cara pembuatannya yaitu ditulis murni bukan dicetak.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan batik ini adalah bahan sutra maupun cotton sehingga lebih nyaman untuk dipakai dan mempunyai nilai ekonomis maupun prestise yang baik.

Nah, itu dia macam-macam motif batik Bengkulu yang asli berasal dari Bengkulu, tidak kalah cantik dengan batik dari daerah lain bukan? Kita harus bangga dengan budaya yang kita miliki saat ini. Kamu bisa menjadikan kain-kain batik ini sebagai oleh-oleh jika kamu sedang bepergian ke Bengkulu.

Untuk mendapatkan berbagai macam motif batik Bengkulu yang indah ini, kamu bisa mendatangi tempat pembuatan batik ini agar kamu bisa melihat bagaimana proses pembuatan batik yang masih tradisional. Selain itu, seiring perkembangan zaman semakin canggih maka sudah ada batik cap yang praktis dan lebih cepat.

Akan tetapi jika ingin melihat keaslian dari batik khas Bengkulu ini, maka pilihlah batik yang dibuat secara tradisional. Untuk harganya sendiri akan berbeda-berbeda tergantung dari motif dan cara pembuatannya. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

Dewangga

http://www.iamdewangga.com

Posisi favorit rebahan sambil mainin hape. Paling demen banget baca tulisan mengenai self improvement dan entrepreneur yang uwu banget.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *